Begini 5 Penyebab Ikan Koi Diam di Dasar Kolam

Apakah penyebab ikan koi membisu di dasar kolam? Kita semua pasti sepakat kalau ikan koi merupakan ikan air tawar yang cantik sekali. Daya tarik utamanya terletak pada warna-warni yang menyelimuti badan ikan tersebut. Bahkan sering kali perpaduan dari beberapa warna ini menciptakan corak dengan teladan yang sangat unik.

Faktor lain yang menarik dari ikan koi yaitu gerak-geriknya yang begitu lincah. Ikan koi biasa berenang kesana dan kemari. Jika sudah jinak, Anda pun dapat bercengkerama dengannya. Anda mampu bermain-main dengan ikan ini sembari memberinya pakan. Tapi kalau ikan koi sedang dilanda masalah, ia akan berdiam diri. Ikan tersebut hanya berdiam diri di dasar bak karena merasa tidak nyaman.

Apakah penyebab ikan koi membisu di dasar bak Begini 5 Penyebab Ikan Koi Diam di Dasar Kolam

Lantas, apa sih penyebab-penyebab timbulnya ketidaknyamanan pada ikan koi?

  1. Kolam Tidak Memiliki Arus

Di habitat alaminya, ikan mas koi terbiasa hidup di lingkungan perairan yang memiliki air beraliran deras. Kaprikornus apabila Anda memutuskan untuk memelihara ikan koi, Anda wajib melengkapi kolamnya dengan pompa air. Pompa inilah yang selanjutnya akan meniupkan udara ke dalam air sehingga tercipta aliran. Pastikan pedoman air ini cukup deras alasannya yaitu bila terlalu lemah, ikan koi juga tidak akan menyukainya.

  1. Ikan Merasa Ketakutan

Coba perhatikan kondisi lingkungan di sekitar kolam, apakah sudah benar-benar aman bagi ikan koi atau tidak? Lingkungan yang terlalu terbuka biasanya akan membuat ikan tersebut merasa ketakutan. Begitu pula kalau kondisinya terlalu tertutup, ia akan selalu merasa waswas terhadap setiap kemungkinan yang ada di balik penutup tersebut. Solusinya Anda perlu memastikan kalau bak dikelilingi tanaman seperlunya saja.

  1. Kedalaman Kolam Terlalu Dangkal

Penyebab lain yang akan membuat ikan koi ketakutan ialah kedalaman kolamnya yang terlalu dangkal. Hal ini membuat ikan merasa tidak mampu bersembunyi dengan baik. Ia sudah berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya, kemudian sadar kalau sedang terancam tidak mampu menemukan daerah persembunyian yang aman. Pada karenanya ia pun berusaha selalu menyembunyikan diri. Sebaiknya, buatlah bak ikan dengan kedalaman minimal 1 m.

  1. Ikan Belum Mengenal Anda

Pada ketika Anda akan mendekati bak tiba-tiba gerombolan ikan koi masuk ke dasar air secara serempak. Ini tandanya ikan-ikan koi tersebut belum mengenal Anda dengan baik. Ikan eksklusif merasa takut begitu Anda datang mendekatinya. Supaya ikan lebih mengenal Anda, biasakanlah bermain-main sebentar ketika memberinya makanan. Sesekali coba berikan pakan eksklusif dari tangan Anda sehingga ikan-ikan tersebut datang mendekat.

  1. Sudah Menjadi Sifat Utamanya

Masing-masing jenis ikan koi bergotong-royong mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada ikan koi yang sangat lincah, mudah dijinakkan, dan gampang beradaptasi. Namun tidak sedikit pula ikan koi yang sifatnya pemalu sehingga ia merasa lebih senang bermain-main di dasar air. Apabila Anda mendapati ikan koi peliharaan kerap di dasar air tetapi gerakannya tampak lincah, ini berarti memang dasarnya ikan tersebut pemalu. Anda harus memasukkan ikan koi yang lincah semoga ia ikut bergerak ke permukaan kolam. Untuk keperluan ini, Anda mampu menggunakan ikan koi yang berjenis chagoi.

Komentar