Begini Mengatasi Ikan Louhan Tidak Mau Makan

Bagaimana cara mengatasi ikan louhan tidak mau makan? Jika Anda ingin memelihara ikan hias di akuarium, cobalah pilih ikan louhan. Ikan air tawar ini dikenal cukup mudah dipelihara karena tidak memerlukan perawatan yang rumit. Asalkan Anda memperhatikan kondisi kebersihan dan makanannya, ikan louhan tersebut pasti akan tumbuh dengan baik.

Sebagai binatang karnivora, ikan louhan hanya mau mengonsumsi daging-dagingan. Ikan ini sangat menyukai udang, cacing, hai feng, dan kecu. Apabila Anda ingin lebih praktis, siapkan saja pelet khusus untuk ikan louhan. Pakan buatan ini kini sudah banyak dijual di Indonesia. Pelet mengandung nutrisi yang lengkap yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan louhan dan mencerahkan warnanya. Cuma kalau Anda hanya memperlihatkan pelet, ikan louhan biasanya akan mudah bosan.

Mogok makan yang dilakukan oleh ikan louhan tidak hanya disebabkan karena santunan pakan yang kurang pas. Ikan yang sedang stres pun kerap sama sekali tidak mau makan. Ikan louhan yang stres umumnya ditandai dengan warnanya yang memudar dan terdapat belang-belang berwarna hitam di tubuhnya. Jenong ikan tersebut pun akan mengempis serta cenderung berdiam diri di salah satu sudut akuarium.

Bagaimana cara mengatasi ikan louhan tidak mau makan Begini Mengatasi Ikan Louhan Tidak Mau Makan

Ikan louhan mampu mengalami stres bila lingkungan akuarium terasa tidak cocok untuknya. Misalnya ikan yang gres dipindahkan ke akuarium lain tiba-tiba mampu stres. Faktor penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari pH air yang tidak tepat, suasana yang ramai, sorot lampu yang terlampau cerah, dan warna-warna yang mencolok.

SOLUSI

Ikan louhan yang tidak mau makan harus ditangani sesegera mungkin. Jika tidak, ikan tersebut tentu akan mati karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya. Beberapa solusi yang mampu Anda coba antara lain :

  1. Pasang heataer di akuarium untuk meningkatkan temperaturnya. Setel suhu air supaya berada di kisaran 28-31 derajat celsius. Suhu yang tinggi akan membuat ikan cepat merasa lapar. Sebaliknya jikalau air terlalu dingin, ikan cenderung malas bergerak dan tidak lapar.
  2. Periksa tingkat keasaman (pH) air di dalam akuarium menggunakan alat pengetes pH. Anda mampu membeli alat tersebut di www.alatperabotan.com. Cara menggunakannya pun mudah sekali. Pastikan pH-nya sudah sesuai dengan habitat alami ikan louhan. Anda mampu memanfaatkan daun ketapang untuk menormalkan pH air.
  3. Perlu diketahui, ikan louhan bersifat sangat garang dan begitu menjaga kawasan teritorialnya. Sama menyerupai ikan cupang, ikan ini tidak suka kalau ada ikan lain yang berkeliaran di sekitarnya. Makara sebaiknya setiap tangki akuarium hanya diisi oleh seekor ikan louhan dewasa.
  4. Kondisi kebersihan air pun perlu benar-benar diperhatikan. Air yang kotor akan menjadi sarang kuman dan basil yang dapat menjadikan serangan penyakit. Ada baiknya Anda melengkapi akuarium dengan sipon dan filter guna mengeluarkan kotoran-kotoran di air.
  5. Akuarium harus diletakkan di atas ketinggian. Jangan pernah Anda menaruh akuarium tersebut sempurna di atas permukaan lantai alasannya ialah akan menjadikan suhunya mengalami perubahan secara drastis. Minimal akuarium ditempatkan di ketinggian 80 cm di atas permukaan lantai.
  6. Ada kalanya ikan louhan akan mogok makan karena lingkungan di sekitarnya terlalu ramai. Anda mampu mengatasi hal ini dengan menutup seluruh sisi samping akuarium menggunakan kertas. Dengan begini, ikan louhan tadi bakal merasa lebih tenang.
  7. Ikan louhan juga mampu dipuasakan barang 2-3 hari. Selama berpuasa, biarkan ikan tersebut merasa hening sendiri. Anda mampu mematikan lampu akuarium untuk sementara waktu. Barulah kemudian berikan pakan sedikit saja sebagai tes. Jika dalam waktu 10 menit ikan tidak menyentuh makanannya, segera keluarkan kembali pakan tadi agar tidak mengotori air.
  8. Kalau ikan louhan terus-terusan tidak mau makan sampai lebih dari seminggu, berarti nafsu makannya betul-betul menurun. Anda perlu membangkitkan selera makan pada ikan tersebut dengan memberinya vitamin atau pemanis untuk meningkatkan nafsu makannya sebelum memancingnya kembali dengan pakan yang spesial.

Komentar