Begini Cara Membuat Akuarium Air Laut secara Gampang

Bagaimana cara membuat akuarium air laut yang benar? Tidak hanya Anda sendiri yang suka memelihara ikan di dalam akuarium. Ada aneka macam para penghobi di luar sana yang mempunyai kebiasaan yang sama menyerupai Anda. Memang benar, hobi mengoleksi ikan tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa membuat hidup menjadi lebih bahagia. Setelah bekerja seharian, kita bisa menikmati pemandangan dunia bawah air sepuasnya.

Tren terbaru ialah memelihara ikan-ikan laut di dalam akuarium air asin. Dibandingkan dengan ikan air tawar, ikan air laut biasanya memiliki daya tarik yang lebih. Warnanya tampak begitu cerah, berwarna-warni, bentuknya unik, pilihan jenisnya banyak sekali, serta memiliki gerak-gerik yang lincah. Hanya saja akuarium air laut terbilang lebih susah dirawat dibandingkan akuarium air tawar. Yang terpenting ialah Anda mesti menjaga kualitas air laut semoga kondisinya tetap ideal.

Bagaimana cara membuat akuarium air laut yang benar Begini Cara Membuat Akuarium Air Laut secara Gampang

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang perlu Anda kerjakan untuk membuat akuarium air laut sendiri!

  1. Letakkan akuarium di daerah yang sudah disediakan sebelumnya. Pastikan posisi akuarium tersebut benar-benar rata semoga tidak mudah bocor.
  2. Kini waktunya untuk memasukkan pasir berangasan ke dalam akuarium dengan ketebalan sekitar 1-3 cm. Pasir berangasan ini merupakan lapisan paling dasar dari akuarium air laut Anda.
  3. Setelah itu, masukkan pula pasir halus persis di atas lapisan pasir berangasan setebal 2-3 cm. Hamparkan butiran-butiran pasir ini ke seluruh sudut akuarium sebagai bantalan sekaligus pembantu akuarium untuk menahan beban di atasnya.
  4. Disarankan untuk memelihara terumbu karang juga di dalam akuarium air laut. Meskipun perawatannya lumayan sulit, terumbu karang bisa dibilang sebagai ornamen yang wajib ada. Susun terumbu karang ini sedemikian rupa sehingga tampak mengagumkan jikalau dipandang dari sisi depan.
  5. Cek sekali semua bahan-bahan di atas sudah dipasang sempurna. Barulah kemudian Anda bisa memasukkan air laut secukupnya, setidaknya menggenangi seluruh terumbu karang. Baca artikel di sini untuk menerima panduan mengisi akuaium dengan air yang benar.
  6. Langkah berikutnya yaitu menyiapkan posisi aquairum sump persis di bawah akuarium. Usahakan letak posisi pemasangannya sudah benar ya.
  7. Berikutnya proses pemasangan alat-alat yang berkhasiat untuk mendukung akuarium sehingga kondisinya selalu bersih dan ideal bagi kehidupan ikan laut peliharaan Anda. Di antaranya meliputi denitrator, skimmer, calcium reactor, bioball, dan chiller.
  8. Pasir laut dan terumbu karang juga perlu dimasukkan ke dalam alat refigium. Alternatif lainnya, Anda pun boleh menambahkan rumput asam yang sekaligus berkhasiat untuk menurunkan kadar amoniak di dalam akuarium.
  9. Tiba saatnya melaksanakan finishing yaitu memasang lampu LED pada akuarium tersebut. Selain berkhasiat untuk menunjang estetika akuarium, cahaya lampu ini juga diharapkan oleh ikan dan terumbu karang untuk dapat hidup dengan baik.
  10. Akuarium yang gres saja jadi sebaiknya jangan pribadi diisi dulu dengan ikan laut. Anda perlu menunggu selama 1-2 ahad semoga kondisi di dalamnya benar-benar bagus bagi ikan. Jangan lupa pula untuk mengadaptasikan ikan laut terlebih dahulu sebelum merilisnya ke dalam akuarium.

Komentar