Begini Cara Memijahkan Ikan Piranha yang Anda Pelihara

Ikan piranha merupakan ikan karnivora yang terkenal akan keganasannya. Ikan ini memiliki gigi yang runcing dan tajam mirip mirip ikan hiu. Di sepanjang badan episode bawahnya berwarna merah sehingga terlihat menarik. Habitat alami ikan ini terletak di Sungai Amazon, mulai dari Brasil hingga Venezuela. Ikan piranha terdiri atas beberapa jenis. Ikan ini akan menunjukkan perangainya yang sangat berangasan dikala bobotnya berkisar antara 600-700 gram.

Ikan piranha biasanya hidup secara bergerombol. Apalagi kalau sudah menerima mangsanya, gerombolan ikan ini akan bertambah banyak. Menariknya walaupun ikan piranha merupakan ikan air tawar yang sangat ganas, penduduk lokal sering menangkap ikan ini untuk keperluan konsumsi. Sedangkan beberapa penghobi di Indonesia sengaja memelihara ikan piranha sebagai ikan hias. Sebuah pujian tersendiri bila berhasil memelihara ikan yang paling buas di dunia ini.

Ikan piranha merupakan ikan karnivora yang terkenal akan keganasannya Begini Cara Memijahkan Ikan Piranha yang Anda Pelihara

Buat Anda yang sudah mempunyai ikan piranha di rumah, Anda mampu memperbanyak jumlah ikan tersebut dengan mendorong pemijahan antara ikan tersebut. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Persiapan Tempat

Anda mampu menyiapkan daerah pemijahan berupa akuarium yang memiliki ukuran 100 x 50 cm dengan tinggi 50 cm. Masukkan 2-3 daerah bertelur berupa kerikil ceper, keramik halus, atau piring. Tempat-tempat bertelur ini nantinya akan digunakan oleh beberapa pasangan ikan piranha sekaligus. Untuk memicu semoga indukan ikan piranha meletakkan telurnya di daerah yang telah kita siapkan, Anda harus menunjukkan lapisan pasir setinggi 5-10 cm di dasar akuarium. Lalu tambahkan beberapa tanaman air sebagai daerah persembunyian ikan supaya merasa nyaman. Ada baiknya seluruh dinding akuarium dilapisi karton sehingga ikan-ikan dapat melaksanakan pemijahan dengan tenang.

  1. Penjodohan Ikan

Cukup sulit memang untuk mengetahui jenis kelamin ikan piranha secara tepat. Hal ini disebabkan perbedaan fisik dan perilaku antara ikan piranha jantan dan ikan piranha betina tidak begitu mencolok. Oleh karena itu, Anda harus membiarkan ikan piranha menemukan jodohnya sendiri-sendiri. Caranya ialah memasukkan beberapa ikan piranha ke dalam sebuah wadah. Ikan yang terlihat sering gotong royong dan berkejar-kejaran berarti sudah merasa saling cocok. Segera pindahkan pasangan ikan tersebut ke akuarium pemijahan.

  1. Pemijahan Ikan

Ikan piranha hanya akan melaksanakan perkawinan dengan jodohnya saja. Setel water heater semoga suhu air cukup hangat untuk memicu meningkatnya birahi ikan. Anda juga mampu mengganti air di akuarium setiap hari supaya ikan piranha yang hidup di dalamnya terdorong supaya cepat melaksanakan perkawinan. Apabila dalam waktu seminggu ikan belum juga mengeluarkan telur, Anda harus mengganti air akuarium hingga volumenya mencapai 3/4.

  1. Pemeliharaan Burayak

Burayak atau anakan ikan piranha yang gres menetas dari telurnya belum perlu diberikan makanan terlebih dahulu karena masih mempunyai cadangan makanan di kantung telurnya. Kemudian pada hari kelima, ikan ini mampu dikasih pakan berupa kutu air secukupnya. Selanjutnya setelah bentuk tubuhnya sudah mirip ikan dewasa, Anda mampu menunjukkan cacahan daging. Selain bersifat karnivora, ikan piranha juga merupakan kanibal. Ikan ini tidak segan-segan memakan ikan piranha lain yang berukuran lebih kecil. Kaprikornus usahakan Anda terus mengontrol keseragaman ukuran ikan piranha yang ada di suatu akuarium supaya tidak saling memangsa.

Komentar