Begini Syarat-syarat Kolam Ikan Lele yang Ideal

Apakah Anda ingin membuat bak untuk ikan lele? Sebelum dimulai, ada baiknya Anda memperhatikan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Tujuannya biar bak yang telah dibuat tersebut benar-benar layak digunakan untuk memelihara ikan lele. Sehingga semua bibit ikan lele yang Anda rawat mampu tumbuh dengan baik dan berkembang biak. Tentunya ini akan menjamin kesuksesan Anda dalam membudidayakan ikan lele.

Hal-hal yang harus diperhatikan di antaranya :

Apakah Anda ingin membuat bak untuk ikan lele Begini Syarat-syarat Kolam Ikan Lele yang Ideal

  1. Tingkat Keasaman Air

Diusahakan sebisa mungkin pH di kolam ikan berada pada derajat keasaman yang normal berkisar antara 6-9. Sebab pH air yang terlalu tinggi akan menyebabkan ikan menjadi stres sampai mengeluarkan lendir berlebihan. Berbeda kalau pH air yang rendah tidak akan mematikan ikan, tetapi membuat pertumbuhannya lamban. Sedangkan kadar amonia yang berlebihan akan menjadi racun sehingga dapat mematikan ikan lele yang dipelihara.

  1. Suhu Air

Suhu yang terlalu tinggi akan menjadikan kadar oksigen terlarut di dalam air bak menjadi rendah. Padahal ikan lele membutuhkan oksigen tersebut untuk dapat bertahan hidup. Hal ini menyebabkan ikan lele berusaha mengambil oksigen eksklusif dari udara dengan mendongakkan kepalanya di atas permukaan air. Karena gerakan ikan lele lebih aktif, maka kotoran yang dikeluarkan pun lebih banyak. Efek lainnya ialah adegan insang ikan tersebut lama-kelamaan berpotensi rusak.

  1. Kadar Amonia

Amonia yang ada di dalam air berasal dari sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam. Jika prosentase amonia terlarut sudah terlalu tinggi, amonia tersebut akan berkembang menjadi racun yang mematikan bagi ikan lele. Gejala awalnya yakni ikan mengalami stres dan mengeluarkan banyak lendir di tubuhnya. Lambat laun kekuatan insang akan melunak dan gampang terluka. Insang yang sudah rusak menjadikan ikan kesulitan dalam mengambil napas.

  1. Oksigen Terlarut

Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan hidup. Kekurangan oksigen akan membuat ikan lele susah bernapas sampai berujung pada kematian. Pastikan bak memiliki air yang bersih dan terjaga sirkulasinya. Kandungan lumpur di dalam air jangan terlampau banyak alasannya akan besar lengan berkuasa pada kadar oksigen terlarut di air. Khusus untuk bak pembibitan ikan sebaiknya dilengkapi aerator dan filtrasi untuk menjaga kualitas air.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan mutu air di bak ikan lele, antara lain :

  1. Menambahkan air yang gres ke dalam bak secara berkala.
  2. Menanam tumbuh-tumbuhan air menyerupai eceng gondok dan azzola.
  3. Memberikan suplai oksigen buatan secara langsung.

Komentar