Begini Cara Budidaya Ikan Platy supaya Sukses

Bagaimana cara membudidayakan ikan platy? Ikan platy (Xiphophorus maculatus) ialah ikan air tawar yang tergolong dalam famili Poeciliidae. Ikan ini sering dijadikan sebagai ikan hias peliharaan alasannya ialah keindahan badan yang berwarna-warni. Harganya yang cukup murah dengan tingkat pemeliharaan yang relatif gampang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini.

Yap, pada dasarnya ikan platy mudah sekali dipelihara. Ikan ini pun tidak memerlukan bentuk perawatan yang rumit. Bahkan Anda mampu memelihara ikan platy di dalam stoples tanpa dilengkapi dengan aerator dan filter. Yang terpenting ialah perhatikan kebersihan air dan makanan ikan setiap saat. Beberapa jenis ikan platy yang sering dipelihara antara lain ikan platy mickey mouse, ikan platy koral, ikan platy sunset, ikan platy padang, ikan platy hawai, ikan platy variatus, dan ikan platy cendrawasih.

Bagaimana cara membudidayakan ikan platy Begini Cara Budidaya Ikan Platy biar Sukses

Berikut ini kiat-kiat dalam membudidayakan ikan platy biar sukses!

Persiapan Kolam

Ikan platy mampu dibudidayakan di dalam bak tanah, kolam plester, bak beton, dan bak fiber. Bahkan Anda pun dapat menggunakan wadah pemeliharaan berupa akuarium. Untuk menerima hasil yang maksimal, disarankan memasang aerator dan filter di dalam bak tersebut. Gunakan air tawar yang berasal dari air sumur. Usahakan temperatur air berkisar antara 24-30 derajat celsius. Sedangkan pH air yang ideal ialah 6-8 dengan kadar oksigen sekitar 5. Ukuran bak harus diadaptasi dengan jumlah ikan platy yang akan dirawat di dalamnya.

Pemilihan Indukan

Ikan platy yang akan dijadikan harus dalam kondisi sehat dan kualitasnya unggul. Warnanya pun harus cerah, coraknya tidak pudar, dan memiliki gerakan yang lincah. Usia ikan indukan paling tidak ialah 3 bulan. Ikan platy jantan biasanya berbentuk ramping, ukuran kepalanya lebih besar, warnanya lebih terang, dan mempunyai gonopodium. Sedangkan ciri-ciri ikan platy betina yaitu bentuk tubuhnya bulat, kepalanya berukuran lebih kecil, berwarna agak pucat dan tidak memiliki gonopodium. Perbandingan jumlah ikan jantan dan ikan betina yang dipakai ialah 1:2.

Pemijahan Ikan

Proses pemijahan ikan platy dilaksanakan di dalam bak khusus. Kolam tersebut harus dilengkapi dengan beberapa tanaman air sebagai daerah persembunyian anakan ikan platy nantinya. Pastikan kondisi air selalu dalam keadaan bersih dan suasananya tenang/tidak bising. Masukkan ikan platy jantan dan betina yang telah matang secara genetik dengan perbandingan 1:2. Waktu pemijahan biasanya berlangsung dalam waktu 24 jam. Keesokan harinya Anda mampu mengeluarkan semua ikan jantan sehingga tinggal menyisakan ikan-ikan platy betina di dalam kolam. Setelah itu, dalam tempo 4-5 jam kemudian, ikan platy betina akan melahirkan telur-telur yang dikandungnya.

Perawatan Anakan

Pemeliharaan anakan ikan platy sebaiknya dilakukan di bak khusus pemeliharaan. Setelah lahir, anakan-anakan tersebut harus diberikan makanan ibarat kuning telur, jentik nyamuk, dan kutu air. Pakan cukup diberikan setiap pagi hari dengan dosis sesuai jumlah ikan. Seiring dengan pertumbuhan ikan, populasi bak akan semakin padat sehingga perlu dilakukan penambahan jumlah kolam. Rata-rata pasar di Indonesia menginginkan ikan platy yang berumur kurang dari 2 bulan.

Komentar