Begini Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Apakah ciri-ciri dari ikan mas? Ikan mas ialah ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan ini dipercaya berasal dari China. Namun dikala ini, ikan mas sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Berdasarkan kegunaannya, jenis-jenis ikan mas dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.

Ikan mas mempunyai postur badan yang berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. Mulutnya berada di ujung kepala episode tengah serta dapat dijulur dan disembunyikan. Di ujung dalam ekspresi juga terdapat gigi kerongkongan berupa tiga baris gigi geraham. Sedangkan di episode anterior ekspresi tersebut ada dua pasang sungut yang berukuran pendek.

Sebagian besar badan ikan mas juga diselimuti oleh sisik. Sisik pada ikan mas tergolong tipe sikloid sebab berukuran cukup besar dan berbentuk lingkaran. Ikan mas biasanya memiliki sisik yang berwarna kuning, merah, emas, biru, hijau, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Sisik inilah yang menjadi salah satu faktor penentu keindahan seekor ikan mas.

 Ikan mas ialah ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi Begini Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Sementara itu, sirip punggung ikan mas berbentuk memanjang. Bagian belakang dari sirip ini memiliki jari yang keras. Berbeda dengan episode alhasil yaitu sirip ketiga dan sirip keempat tampak bergerigi. Posisi sirip punggung pada ikan mas berseberangan dengan letak permukaan sirip perut.

Tidak jauh berbeda, rupa sirip dubur ikan mas pun hampir ibarat sirip punggung. Sirip tersebut mempunyai jari-jari yang keras dengan episode simpulan yang bergerigi. Sedangkan garis rusuknya, baik linea lateralis maupun gurat sisi, tergolong lengkap. Garis ini terletak di episode pertengahan badan dan berbentuk melintang mulai dari tutup insang hingga ke episode ujung belakang pangkal ekor.

Ikan mas mempunyai sungut berukuran pendek di sekitar mulutnya. Ikan ini juga dibekali dengan penutup insang (opeculum). Ikan mas memiliki sepasang sirip dada, sepasang sirip perut, dan sirip punggung. Sedangkan sirip ekor ikan mas bertipe homoserkal sebab bercabang dua dan sama panjang.

Ikan mas cukup umur biasanya memiliki panjang badan yang berkisar antara 30-60 cm. Sementara untuk berat badan ikan mas cukup umur rata-rata sekitar 0,5 hingga 4 kg. Namun tidak menutup kemungkinan ikan mas cukup umur bisa tumbuh hingga bobotnya mencapai 15-20 k. Ketika sudah dewasa, ikan jantan umumnya mempunyai sirip perut yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan sirip perut yang dimiliki oleh ikan mas betina.

Ikan mas ialah binatang omnivora. Ikan ini bisa mengonsumsi tanaman air serta ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga sering ditemukan sedang memakan zooplankton, fitoplankton, moluska, krustasea, annelida, telur ikan, udang, serta makroinvertebrata lainnya. Ikan mas secara alami hidup di sungai atau danau yang mempunyai air yang jernih, segar, dan berarus pelan.

Komentar