Begini 3 Cara Mensterilkan Kolam Ikan yang Baru

Bagaimana cara mensterilkan bak ikan yang gres dibuat? Perlu Anda ketahui, apapun jenis bak yang Anda miliki, Anda wajib membuatnya steril terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuannya untuk menghilangkan zat-zat kimia yang terkandung di dalam materi pembuat bak yang kita pakai serta membuat kondisi bak layaknya habitat alami ikan. Jika Anda nekat memasukkan ikan ke bak tanpa melaksanakan sterilisasi terlebih dahulu, maka kami berani menjamin cepat atau lambat ikan-ikan tersebut akan mati alasannya ialah keracunan.

Ada banyak sekali metode yang mampu ditempuh untuk membersihkan kolam ikan supaya kondisinya steril. Kebanyakan orang biasanya mencuci permukaan kolam, mengisi air, dan menguras sebanyak beberapa kali sehingga dirasakan kurang efektif. Padahal terdapat beberapa trik sederhana untuk mempercepat proses sterilisasi bak ikan ini. Anda mampu menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Berikut ini caranya!

Bagaimana cara mensterilkan bak ikan yang gres dibuat Begini 3 Cara Mensterilkan Kolam Ikan yang Baru

Cara 1. Jadikan Tempat Sampah

Anda mampu meminta pinjaman mikroba untuk menghilangkan kandungan zat-zat beracun yang terdapat di dalam kolam. Cukup dengan memasukkan sampah rumah tangga ke dalam bak tersebut, lalu diamkan selama 5-7 hari. Biarkan terjadi pembusukan sampah untuk memicu pertumbuhan plankton. Zooplankton dan phytoplankton tersebut lantas akan memproses semua materi beracun yang timbul di kolam. Setelah dirasakan cukup, Anda mampu membersihkan bak tadi.

Cara 2. Gunakan Pupuk Nonorganik

Pada dasarnya, cara kedua ini sama menyerupai cara pertama. Tujuannya ialah menumbuhkan plankton yang akan berperan sebagai distributor pembersih kolam. Anda mampu menggunakan salah satu pupuk yang akan ditaburkan ke bak menyerupai pupuk Urea, pupuk NPK, dan pupuk TSP. Masukkan pupuk tersebut ke bak secukupnya. Biarkan selama beberapa hari hingga permukaan bak ditumbuhi lumut. Barulah kemudian Anda mampu melaksanakan pembersihan dengan mengurasnya sebanyak 2-3 kali.

Cara 3. Pakai Minyak Tanah

Kolam beton yang gres saja dibuat mampu diisi air hingga penuh terlebih dahulu, lalu biarkan selama sehari semalam. Kemudian buang semua air di dalam bak tersebut. Setelah itu, oleskan minyak tanah ke seluruh permukaan bak secara merata menggunakan kuas. Biarkan selama 5-8 jam. Langkah berikutnya ialah menghilangkan lapisan minyak tanah tadi dengan mencucinya hingga tak berbekas. Setelah agak kering, bak mampu diisi dengan air dan dibiarkan selama sehari semalam. Keesokan harinya Anda mampu membuang air lama untuk digantikan dengan pengisian air gres lagi. Berikutnya cek apakah masih ada lapisan minyak di dalam air. Jika masih ada, Anda harus melaksanakan pembersihan bak sekali lagi menggunakan getah dari pelepah pisang.

Komentar