Begini 3 Trik Membuat Kolam Koi Tetap Bening

Bagaimana cara membuat kolam ikan koi tetap bening? Ikan koi merupakan ikan air tawar yang sangat disukai oleh para penghobi. Selain karena keindahan yang dihasilkan oleh paduan warna di tubuhnya, ikan koi pun mempunyai gerak-gerik yang sangat atraktif. Siapa pun orang yang melihatnya pasti akan pribadi terhibur. Belum lagi mitos wacana ikan koi sebagai pembawa keberuntungan juga turut andil menaikkan pamornya.

Para penghobi biasanya memelihara ikan koi di dalam kolam. Dengan ukuran yang cukup luas, ikan koi yang berada di kolam akan berenang lebih lincah. Sayangnya air di kolam mudah sekali menjadi keruh hingga berwarna kehijau-hijauan. Mau tidak mau air tersebut harus dikuras minimal setiap tiga hari sekali semoga kondisinya tetap jernih. Tentu saja, hal ini akan terasa merepotkan sekali. Kaprikornus solusinya, Anda pun wajib memikirkan trik supaya air di dalam kolam ikan koi tetap bening.

Bagaimana cara membuat kolam ikan koi tetap bening Begini 3 Trik Membuat Kolam Koi Tetap Bening

Kami mempunyai tiga trik jitu untuk menjaga kualitas air kolam sekaligus menjaga kondisinya semoga senantiasa bening, yaitu :

Trik 1. Pasang Media Filter

Filter dapat digunakan untuk menyaring kotoran yang masuk ke air sehingga tidak mencemarinya. Ada aneka macam media yang dapat digunakan sebagai filter air. Agar kesannya lebih maksimal, disarankan pakailah lebih dari satu jenis media. Kami biasanya menggunakan media untuk filter yang terdiri dari ijuk, bioball, dan arang. Kemudian tambahkan kerikil zeolit untuk menjaga tingkat keasaman (pH) air. Dengan memasang filter ini di kolam ikan air tawar, niscaya kebersihan airnya bakal terjaga.

Trik 2. Pakai Pompa Air

Ikan koi sangat menyukai kolam yang memiliki arus. Nafsu makannya akan semakin tinggi apabila ikan ini diletakkan di kolam yang dilengkapi air mancur. Oleh alasannya yakni itu, Anda membutuhkan pompa untuk memutar air di dalam kolam. Sesuaikan kemampuan pompa yang dipilih dengan kapasitas air yang ada di kolam. Idealnya, pompa harus bisa mengolah semua air di kolam selambat-lambatnya dalam waktu 1 jam. Akan lebih bagus lagi bila kemampuan pompa airnya lebih tinggi daripada itu, tetapi jangan hingga menghasilkan arus yang terlalu kuat.

Trik 3. Hindari Cahaya Matahari

Sebenarnya penyebab air kolam ikan berwarna hijau karena banyaknya populasi ganggang di dalamnya. Ganggang merupakan salah satu fitoplankton yang hidup di air. Ia membutuhkan makanan dan sinar matahari semoga bisa hidup dan berkembang biak. Bila salah satu syarat hidupnya tidak terpenuhi, ganggang ini tidak mungkin dapat bertahan hidup. Di sini kami menyarankan Anda untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke kolam supaya tidak terjadi ledakan populasi ganggang. Caranya dapat dilakukan dengan memasang naungan di atas kolam tersebut.

Komentar