Begini 4 Jenis Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet

Apakah makanan ikan nila selain pelet? Ikan nila termasuk binatang omnivora yang mau mengonsumsi semua materi makanan. Larva ikan nila yang gres menetas akan kehabisan kuning telurnya pada rentang usia 2-4 hari. Kemudian benih ikan nila hanya memakan plankton. Barulah setelah tumbuh cukup besar, ikan nila akan memakan jasad-jasad renik yang hidup di adegan dasar perairan. Misalnya yaitu tubifex, larva chironomus, moluska kecil, cacing oligochaeta, dan lain-lain.

Dengan tingkat seruan pasar yang tinggi, budidaya ikan nila memiliki potensi yang sangat besar. Namun para petani harus berilmu dalam mengelola pakan tersebut seiring dengan melambungnya harga dasar semua materi baku pakan. Sebab biaya operasional untuk pengadaan pakan ikan nila ini besar sekali mencapai 60-70 persen. Selain makanan pokok berupa pelet ikan tipe FF-999, 781, 781-SP, atau 781-2, Anda juga harus menyiapkan pakan alternatif sebagai tambahannya. Pemberian pakan alternatif ini mampu dimulai setelah ikan nila berusia sebulan.

 Ikan nila termasuk binatang omnivora yang mau mengonsumsi semua materi makanan Begini 4 Jenis Makanan Alternatif  Ikan Nila Selain Pelet

Di bawah ini rekomendasi pakan alternatif yang mampu Anda berikan kepada ikan nila yang dipelihara!

  1. Ampas Kelapa

Ampas kelapa merupakan limbah rumah tangga yang mengandung nilai nutrisi yang cukup tinggi. Ampas kelapa masih menyimpan protein yang mengagumkan untuk pertumbuhan ikan nila. Anda dapat menaburkan pakan ini sedikit demi sedikit ke kolam pemeliharaan sambil terus memperhatikan respons dari ikan nila. Kalau mau lebih efektif, Anda mampu menggunakan ampas kelapa sebagai materi campuran pembuatan pelet ikan. Jangan ragu melaksanakan fermentasi ampas kelapa ini supaya daya tahannya lebih lama.

  1. Sayur-mayur

Anda yang tinggal di bersahabat pasar akan mudah menemukan limbah sayur-mayur. Daripada membiarkannya membusuk menjadi limbah, lebih baik manfaatkan sayuran tersebut sebagai pakan alternatif untuk ikan nila. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk mendukung kesehatan ikan. Sayangnya tunjangan pakan berupa sayuran ini tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ikan nila.

  1. Roti Kadaluwarsa

Sungguh beruntungnya Anda jika di bersahabat kolam pemeliharaan ikan nila yang Anda miliki terdapat sebuah pabrik pengolahan roti. Sebab Anda mampu membeli roti-roti kadaluwarsa yang sudah tidak mampu dijual lagi dengan harga yang sangat murah. Selanjutnya gunakan roti ini sebagai pakan suplemen untuk ikan nila. Walaupun sudah kadaluwarsa, roti tersebut sangat mengagumkan untuk mendukung pertumbuhan ikan berkat melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Tetapi pakan ikan berupa roti ini hanya boleh diberikan apabila kolam diisi dengan air yang mengalir.

  1. Tanaman Azolla

Azolla merupakan tanaman paku air yang hidup secara terapung di permukaan air. Kabar baiknya yakni ikan nila suka memakannya. Dengan memanfaatkan azolla, biaya untuk pengadaan pakan dapat ditekan sampai mencapai 20 persen atau setara dengan Rp 9.000/kg ikan nila. Bahkan untuk target budidaya yang lebih besar lagi, penghematan anggaran mampu mencapai lebih dari 25-30 persen.

Komentar