Begini 5 Ide Produk Olahan Ikan Lele yang Paling Laku

Anda ingin membuat olahan ikan lele yang dijamin laku dan diminati oleh banyak pembeli? Kami mempunyai sejumlah ilham yang patut dicoba. Pada umumnya, para peternak ikan lele menjual ikan-ikan yang telah dipanen kepada para tengkulak. Sebagian besar ada pula yang memasok warung makan dan restoran untuk menerima harga yang lebih baik. Tetapi apa akhirnya bila harga yang ditawarkan mereka terlalu rendah sehingga membuat kita hanya bisa balik modal atau malah rugi?

Solusinya yakni mengolah ikan lele tersebut menjadi suatu produk yang siap konsumsi semoga nilai ekonomisnya naik. Anda harus memperhatikan landasan dasar ini dengan baik alasannya yakni percuma bila olahan ikan lele yang dibuat ternyata tidak bisa menawarkan keuntungan yang berarti. Ingat dalam membuat olahan ikan lele tersebut, Anda tidak hanya mengeluarkan biaya, tetapi juga tenaga dan waktu. Sebisa mungkin jangan mengolah ikan lele menjadi produk yang harganya murah ibarat ikan asin. Hindari pula menjadikan ikan lele tersebut sebagai pupuk tanaman.

Kami mempunyai ide-ide olahan ikan lele yang harganya cukup mahal, tetapi gampang dibuat.

Anda ingin membuat olahan ikan lele yang dijamin laku dan diminati oleh banyak pembeli Begini 5 Ide Produk Olahan Ikan Lele yang Paling Laku

  1. Ikan Asap

Jawa tengah memiliki kuliner khas yang terbuat dari ikan asap yang disebut mangut. Biasanya digunakan ikan pari yang telah diasapi untuk membuat hidangan yang satu ini. Ternyata eh ternyata, ikan lele juga bisa dibuat menjadi ikan asap lho. Tujuan pengasapan yakni meningkatkan cita rasa dan menjadikan aroma khas pada ikan tersebut. Walaupun harganya lebih mahal daripada ikan lele segar, ikan lele asap terbukti sangat disukai oleh konsumen. Bahkan beberapa orang yang tadinya tidak suka memakan kuliner dari ikan lele mengaku doyan dengan ikan lele asap.

  1. Nugget

Nugget pada dasarnya bisa dibuat menggunakan materi dasar daging apapun. Termasuk daging ikan lele juga bisa diolah menjadi nugget yang lezat. Walaupun proses pembuatannya mudah dan bahan-bahan yang diharapkan pun sederhana, tetapi harga nugget yang mahal akan menawarkan keuntungan tersendiri. Agar daya tahannya lebih lama, sebaiknya Anda memasukkan nugget ikan lele yang dibuat ke dalam kemasan kedap udara dan menaruhnya di freezer.

  1. Bakso

Jika biasanya bakso terbuat dari daging sapi atau daging ayam, kini Anda bisa memproduksi bakso yang berbeda karena dibikin dari daging ikan lele. Berbeda dengan pembuatan nugget yang terbilang gampang, Anda membutuhkan beberapa kali percobaan untuk dapat menciptakan bakso yang memiliki rasa enak dan tekstur yang kenyal. Usahakan tekstur bakso ikan lele yang Anda buat ibarat mirip bakso sapi atau bakso ayam sehingga konsumen tetap menyukainya.

  1. Abon

Abon ikan lele bisa dijual dengan harga yang cukup mahal di pasar. Selain rasanya yang lezat, abon pun dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama meskipun tidak diletakkan di dalam kulkas. Abon ikan lele juga bisa menjadi sahabat makan banyak sekali hidangan. Tak ayal bila penggemar abon ikan lele ini cukup banyak. Kami akan memberitahukan cara pembuatan abon ikan lele di artikel berikutnya.

  1. Selai

Ikan lele juga bisa diolah menjadi selai yang menggugah selera lho? Selai ikan lele ini nantinya bisa dioleskan pada setangkup roti tawar untuk sarapan. Karena target konsumennya yakni kalangan masyarakat menengah ke atas, Anda harus membuat kemasan produk yang eye catching dan brandable. Pastikan juga rasa selai yang dibuat tetap menonjolkan rasa ikan lele yang berpadu dengan bumbu rempah-rempah yang sedap.

Komentar