Begini Cara Ampuh Mengobati Cloudy Eye Pada Ikan

Bagaimana cara mengobati cloudy eye pada ikan? Salah satu penyakit yang paling sering menyerang ikan hias yaitu penyakit mata kabut (cloudy eye). Penyakit ini bahkan dapat menyerang hampir semua jenis ikan hias, terutama ikan-ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Penyakit cloudy dapat menjadikan adegan kornea mata ikan yang semula bening bermetamorfosis putih sedikit demi sedikit. Akibatnya penglihatan mata ikan tersebut akan terganggu hingga lama-kelamaan mengalami kebutaan.

Penyakit cloudy eye mampu menyerang salah satu mata ikan atau bahkan keduanya sekaligus. Sekilas penyakit ini menyerupai mirip penyakit katarak pada manusia. Tetapi sebetulnya penyakit ini disebabkan oleh nanah mikroorganisme. Semakin lama jumlah mikroorganisme yang menyerang kornea mata ikan semakin bertambah banyak. Hal ini akan memperparah kondisi kesehatan bola mata ikan. Bagian kornea mata ikan yang terkena nanah pun bermetamorfosis berwarna keputih-putihan layaknya kabut.

Penyebab utama kenapa serangan mikroorganisme pemicu penyakit cloudy eye ini muncul yaitu air yang kotor. Kualitas air yang buruk mengandung jutaan mikroorganisme yang sangat berbahaya bagi kesehatan ikan peliharaan Anda. Air yang memiliki tingkat keasaman (pH) yang tinggi tanggapan timbunan kotoran-kotoran ikan sangat rentan menjadi sarang kuman jahat. Kondisi menyerupai ini biasanya ditimbulkan malasnya pemilik dalam mengganti air di akuarium secara terencana atau keadaan media filter sebagai pembersih yang sudah terlalu kotor.

Bagaimana cara mengobati cloudy eye pada ikan Begini Cara Ampuh Mengobati Cloudy Eye Pada Ikan

Pengobatan Cloudy Eye

Pada dasarnya, upaya pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan ikan yang terkena penyakit cloudy eye kurang lebih sama menyerupai penyakit-penyakit yang disebabkan mikroorganisme lainnya. Anda mampu mengobati penyakit tersebut menggunakan antibiotik yang ditaburkan ke dalam akuarium. Misalnya Anda mampu memanfaatkan tetrasiklin serta methylene blue sebagai obat cloudy eye yang sangat ampuh. Jika Anda kesulitan menemukannya, silakan Anda mampu membelinya secara online di www.alatperabotan.com.

Obat antibiotik tersebut tidak boleh pribadi diberikan begitu saja kepada akuarium yang berpenyakit. Anda harus membersihkannya terlebih dahulu secara menyeluruh, termasuk semua suplemen yang ada di dalamnya. Setelah itu, barulah antibiotik diberikan dalam dosis yang secukupnya sesuai kapasitas air di dalam akuarium. Makara Anda harus mengikuti aturan pakai yang telah disarankan semoga tidak berlebihan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena pemakaian antibiotik yang terlalu banyak justru mampu meracuni ikan peliharaan Anda.

Pengobatan cloudy eye akan lebih efektif kesannya manakala Anda memasang water heater di akuarium. Water heater ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu air di dalam akuarium sehingga tetap ideal bagi kehidupan si ikan. Dengan demikian kesehatan ikan lebih terjaga dan upaya penyembuhan pun mampu berjalan lebih maksimal. Jika kondisi ikan sudah sangat parah, sebaiknya Anda puasakan terlebih dahulu ikan tersebut hingga keadaannya stabil. Biasanya dalam kurun waktu 3-7 hari ikan yang berpenyakit sudah sembuh kembali.

Komentar