Begini Cara Memberanikan Ikan Cupang Bertarung

Bagaimana cara memberanikan ikan cupang bertarung? Ikan cupang selain menjadi ikan hias yang sangat indah, ikan ini juga dapat dijadikan sebagai ikan aduan. Hal ini tidak terlepas dari perangai ikan cupang yang sangat bergairah dalam menjaga kawasan kekuasaannya. Ikan ini tidak segan-segan melaksanakan perlawanan sengit terhadap ikan-ikan cupang lain yang berusaha memasuki wilayahnya.

Salah satu faktor yang dapat mensugesti kemenangan ikan cupang jagoan Anda ialah mental. Ikan cupang yang pemberani bisa menghadapi ikan cupang lain dengan ukuran yang lebih besar sekalipun. Soal menang atau kalah itu urusan belakangan. Sifat pemberani harus dimiliki oleh ikan cupang peliharaan Anda biar tidak merasa percaya diri dan tidak minder ketika berada di arena.

Tahukah Anda jikalau sifat pemberani pada ikan cupang bisa ditumbuhkan sedari kecil. Tugas Anda sebagai pemilik wajib melatih ikan tersebut supaya mempunyai mental pemberani. Tetapi bagaimana caranya?

Bagaimana cara memberanikan ikan cupang bertarung Begini Cara Memberanikan Ikan Cupang Bertarung

  1. Biarkan semua ikan cupang menawarkan sikap agresivitas yang dimilikinya setiap kali Anda mengganti air di dalam akuarium. Caranya keluarkan semua sekat akuarium tersebut dan biarkan ikan-ikan cupang di dalamnya bertemu satu sama lain selama beberapa saat. Setelah dirasakan sudah cukup, silakan bawa akuarium tadi ke tempat penggantian air.
  2. Siapkan sebuah bejana yang berukuran sedang. Isilah bejana tersebut dengan air hingga ketinggiannya mencapai 10 cm dari bab dasar. Setelah itu, masukkan 2 ekor ikan cupang ke dalamnya. Biarkanlah kedua ikan tersebut saling berhadapan satu sama lain serta bertarung selama beberapa menit. Setelah ikan mengalami luka, barulah Anda bisa menyudahi pertandingannya.
  3. Silakan isi akuarium dengan air ibarat biasanya. Masukkan ikan-ikan cupang ke dalam akuarium tersebut. Biarkan semua ikan berhadapan kembali sejenak hingga tubuhnya kelihatan bersinar/mengkilap. Berikutnya Anda bisa memasang penyekat akuarium untuk memisahkan semua ikan cupang. Jangan lupa sebelum ditinggalkan Anda harus memberi pakan secukupnya.
  4. Ikan cupang peliharaan Anda butuh perhatian setiap hari. Kalau perlu, Anda bisa membiarkan ikan-ikan tersebut bertarung sejenak setiap kali Anda mempunyai waktu luang untuk mengawasinya. Boleh juga diuji coba tarung dengan ikan cupang milik teman. Yang penting dalam latihan tersebut jangan hingga ada ikan cupang yang kalah. Secara berkala, temukan ikan cupang tersebut dengan lawan yang ukurannya lebih besar.
  5. Kemampuan menyesuaikan diri ikan cupang juga perlu dilatih biar kesehatannya tetap terjaga dan tidak gampang drop. Caranya cukup dilakukan dengan memindahkan lokasi penempatan akuarium secara berkala. Kadang-kadang Anda bisa meletakkan akuarium tadi di tempat yang sepi, ramai, berisik, terang, gelap, panas, dingin, dan sebagainya. Ikan yang mempunyai fisik yang berpengaruh bisa diadu lebih cepat.
  6. Begitu pula dengan kemampuan berenang ikan pun perlu menerima perhatian serius. Anda harus melatih supaya ikan tersebut bisa berenang lebih cepat. Ikan yang pintar berenang terbukti memiliki daya pukul yang sangat baik ketika bertarung. Latihan bisa dilakukan dengan memasukkan ikan ke dalam akuarium khusus yang telah dilengkapi terusan air masuk dan keluar. Kaprikornus selam latihan, Anda bisa membuat air di akuarium tersebut mempunyai arus yang cukup kuat.
  7. Kekuatan ikan cupang bisa ditingkatkan melalui derma pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Jentik nyamuk merupakan pakan yang sangat baik untuk ikan cupang alasannya ialah dapat mengeraskan lapisan kulitnya. Sebisa mungkin jemurlah ikan cupang setiap sekali per ahad di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran selama seharian penuh ini bagus sekali untuk menguatkan tulangnya serta memicu perangainya biar tidak takut cahaya dan keramaian.

Komentar