Begini Cara Merawat Ikan Black Parrot

Bagaimana cara merawat ikan black parrot? Bagi Anda yang sedang galau dalam memilih ikan hias air tawar yang bagus untuk dipelihara. Cobalah Anda memelihara ikan black parrot. Ikan ini masih termasuk dalam keluarga Cyclidae. Julukan parrot disematkan karena ikan ini mempunyai ekspresi yang ibarat paruh burung nuri. Daya tarik ikan ini terletak pada tubuhnya yang berwarna mengagumkan mirip merah, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Ikan black parrot sekilas terlihat seperi ikan louhan karena keduanya masih berkerabat dekat. Perbedaan antara ikan parrot dan ikan louhan yang paling utama terletak pada perilakunya. Ikan louhan dikenal sebagai ikan yang galak dan temperamental. Ikan ini tidak segan-segan tabrak dengan ikan-ikan lain yang dianggapnya sebagai musuh. Berbeda dengan sikap ikan black parrot yang lebih santai dan ramah terhadap ikan lain asalkan tidak diganggu terlebih dahulu. Itulah kenapa, Anda bisa memelihara ikan parrot secara beramai-ramai dalam sebuah akuarium.

Bagaimana cara merawat ikan black parrot Begini Cara Merawat Ikan Black Parrot

AKUARIUM

Akuarium yang akan menjadi kawasan tinggal bagi ikan parrot harus dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi habitat yang ideal. Masukkan air bersih ke dalam akuarium dan jagalah suhunya biar tetap stabil di kisaran 25-30 derajat celsius. Daya tahan tubuh ikan ini sendiri tergolong sangat bagus. Makara Anda tidak membutuhkan filter khusus, melainkan cukup filter standar untuk akuarium yang dilengkapi dengan karbon aktif, filter mat, atau kapas sintetik. Mengingat ikan parrot agak pemalu, sebaiknya Anda tetap menjaga kondisi akuarium tetap bernuansa minimalis biar ikan ini tidak bersembunyi terus.

PAKAN

Ikan parrot merupakan binatang karnivora artinya ia hanya mau memakan daging-dagingan. Cacing sutera atau cacing darah sangat bagus dijadikan sebagai pakan utama untuk ikan ini. Kedua jenis pakan ini bisa meningkatkan kualitas warna ikan black parrot sehingga kelihatan cerah. Anda bisa mencari cacing sutera sendiri atau membelinya dalam kondisi segar kering, maupun beku. Jika ingin lebih praktis dan higienis, Anda bisa menggunakan pakan buatan berupa pelet. Sebisa mungkin, pilihlah produk yang diracik secara khusus untuk ikan black parrot jadi manfaatnya benar-benar terasa.

PENYAKIT

Sebenarnya ikan black parrot jarang sekali mengalami sakit. Kalaupun ada, penyakit yang kerap menimpa ikan ini biasanya disebabkan oleh serangan jamur. Kondisi akuarium yang kotor atau tingkat populasi yang terlalu tinggi akan memicu terjadinya wabah penyakit white spot. Gejalanya terlihat bintik-bintik berwarna putih pada tubuh ikan dan ikan yang terserang biasanya akan sering menggosok-gosokkan badannya. Luka pada ikan yang tidak kunjung ditangani juga dapat mengakibatkan infeksi. Untuk mengobatinya, Anda bisa memakai Methylene blue serta melaksanakan terapi dengan menaikkan temperatur air hingga 28 derajat celsius.

Komentar