Begini Jenis-jenis Makanan Ikan Hias Air Tawar

Apa sajakah jenis-jenis makanan untuk ikan hias air tawar? Ikan hias menjadi binatang peliharaan favorit masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, langkah-langkah dalam merawat ikan hias pun terbilang cukup mudah. Selain itu, pilihan ragam ikan hias pun banyak sekali. Dari mulai ikan hias air tawar, air payau, hingga dengan air laut.

Ikan membutuhkan makanan biar dapat bertahan hidup. Untuk mencukupi kebutuhan gizinya, Anda tidak boleh hanya bergantung pada pakan komersial, tetapi juga perlu memberikannya pakan segar dan pakan hidup. Beberapa jenis pakan alami tersebut dapat dikembangbiakkan sendiri menggunakan bak khusus . Kemudian dalam pemilihannya, Anda perlu menyesuaikan pakan tersebut dengan kebiasaan makan ikan serta ukuran mulutnya.

 Ikan hias menjadi binatang peliharaan favorit masyarakat Indonesia Begini Jenis-jenis Makanan Ikan Hias Air Tawar

Berdasarkan wujudnya, kami membagi pakan untuk ikan menjadi tiga golongan yaitu :

PAKAN ALAMI

Jenis-jenis makanan ikan yang termasuk pakan alami antara lain :

  1. Artemia (brine shrimp) merupakan udang-udangan yang berbentuk sangat kecil. Anda bisa menggunakannya sebagai makanan untuk burayak/larva ikan. Artemia bisa dijadikan sebagai makanan ikan ketika berada di fase nauplii.
  2. Daphnia atau disebut juga kutu air. Pakan ini sangat memiliki kegunaan untuk meningkatkan kecerahan warna ikan hias. Daphnia termasuk dalam keluarga Krustasea dan berkembang biak secara partenogenesis.
  3. Cacing sutera memiliki ukuran badan yang panjang tetapi tipis. Warnanya yang merah juga membuat cacing ini dikenal sebagai cacing darah. Cacing sutera biasanya hidup di perairan yang banyak mengandung materi organik.
  4. Jentik nyamuk merupakan pakan alami kesukaan ikan-ikan yang terbiasa hidup di permukaan air. Selain kaya akan unsur protein, jentik nyamuk juga dapat menstimulasi ikan untuk melaksanakan reproduksi. Jentik nyamuk harus digunakan setidaknya 3 hari alasannya ialah jikalau tidak akan menjelma nyamuk.

PAKAN SEGAR

Jenis-jenis makanan ikan yang termasuk pakan segar antara lain :

  1. Wortel merupakan sumber beta karoten yang dapat mencerahkan warna pada badan ikan hias. Pakan ini juga banyak mengandung serat. Karena teksturnya cukup keras, tidak semua ikan bisa memakan belahan wortel.
  2. Timun ialah pakan yang paling baik diberikan untuk ikan yang kekurangan vitamin. Ikan yang rutin mengonsumsi timun juga akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Timun cocok sekali diberikan kepada ikan yang berjenis catfish dan chiclidae.
  3. Kacang polong merupakan pakan yang bisa Anda berikan kepada ikan yang biasa tinggal di dasar air. Selain dalam kondisi segar, Anda pun dapat menggunakan kacang polong yang telah dicairkan tetapi jangan menggunakan kacang polong kalengan. Pakan ini akan meningkatkan stamina badan pada ikan hias peliharaan Anda.
  4. Jantung sapi sesekali bisa Anda berikan kepada ikan predator untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukannya. Pakan ini sangat rupawan dijadikan sebagai sumber protein hewani. Sebelum diberikan, Anda perlu menyingkirkan lapisan lemak yang terdapat pada jantung sapi biar tidak menjadikan problem kegemukan.

PAKAN BUATAN

Jenis-jenis makanan ikan yang termasuk pakan buatan antara lain :

  1. Pelet mempunyai ukuran yang cukup sehingga ikan sampaumur yang cocok diberikan pakan ini. Mengingat ukuran mulutnya yang cukup lebar, ikan sampaumur bisa menelan pelet dalam sekali tangkapan. Ada dua jenis pelet yaitu pelet apung dan pelet tenggelam.
  2. Granule mempunyai tekstur yang lebih padat daripada pelet. Itulah kenapa, granule akan karam dalam waktu yang lebih cepat. Pakan ini paling sempurna diberikan kepada ikan yang terbiasa hidup di dasar air.
  3. Flake ialah pakan ikan yang berbentuk lembaran. Sebelum diberikan kepada ikan, pakan ini perlu dihancurkan terlebih dahulu supaya ukurannya mengecil. Flake akan terapung dalam waktu yang cukup lama di permukaan air. Kaprikornus pakan ini pas sekali untuk ikan yang biasa memakan di permukaan.
  4. Tablet berbentuk bulat mirip tablet obat. Paling pas, pakan ini diberikan kepada ikan yang mempunyai kebiasaan hidup secara bergerombol. Ukuran penampangnya yang cukup besar membuat pakan ini dapat digerogoti sekaligus oleh banyak ikan.

Komentar