Begini Kenapa sih Ikan Mas Koki Mudah Mati?

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa ikan mas koki yang dipelihara mudah mati? Terdapat berbagai jenis ikan hias yang mampu Anda pelihara di dalam akuarium. Salah satunya yang paling difavoritkan oleh para penghobi di Indonesia ialah ikan mas koki. Ikan ini begitu menarik alasannya ialah memiliki bentuk badan yang unik dan warnanya cantik sekali. Mimik muka ikan mas koki juga tampak lucu sekaligus menggemaskan.

Sayangnya merawat ikan mas koki itu tidak gampang. Bahkan tingkat kesulitan memelihara ikan ini jauh lebih sukar dibandingkan dengan dua saudaranya yaitu ikan komet dan ikan koi. Ikan mas koki gampang mati alasannya ialah mempunyai daya tahan badan yang tidak terlalu baik. Ia akan mudah mengalami stres apabila kondisi lingkungannya berubah drastis sampai menyebabkannya sulit beradaptasi. Sifat rakus yang dimiliki oleh ikan ini pun kerap mendatangkan malapetaka bagi dirinya sendiri.

tanya kenapa ikan mas koki yang dipelihara mudah mati Begini Kenapa sih Ikan Mas Koki Mudah Mati?

Kami berusaha membagi pengalaman dalam memelihara ikan mas koki supaya usianya mampu panjang. Di bawah ini kiat-kiat yang harus Anda perhatikan!

  1. Saat Anda hendak membeli ikan mas koki, pilihlah ikan yang tampak bugar, gerakannya lincah, dan responsif terhadap pakan. Jangan memilih ikan yang mengalami cacat, cenderung berdiam diri di pojokan, atau ada bercak-bercak di tubuhnya. Hindari pula mengambil ikan yang gaya berenangnya absurd menyerupai terbalik atau kejang-kejang alasannya ialah pasti ikan tersebut sedang sakit.
  2. Akuarium yang gres dibuat tidak boleh pribadi diisi dengan ikan. Hal ini dikarenakan akuarium tersebut masih mengandung materi kimia berbahaya dari lem yang dapat meracuni ikan. Anda harus menjemurnya selama 3 hari di bawah sinar matahari secara langsung. Lalu merendam akuarium tersebut di dalam air bersih selama seminggu. Jangan mencuci akuarium menggunakan sabun atau cairan pembersih apapun.
  3. Air yang akan dimasukkan ke akuarium harus dipastikan benar-benar bersih. Sebaiknya gunakan air sumur yang dibiarkan terlebih dahulu selama 24 jam semoga kotorannya mengendap. Kalau bisa, jangan gunakan air dari PDAM alasannya ialah mengandung kaporit yang mampu meracuni ikan mas koki milik Anda. Jika terpaksa menggunakan air PDAM ini, Anda wajib mengendapkannya selama 3 hari berturut-turut.
  4. Air di akuarium sebaiknya diganti setiap sebulan sekali, khususnya bila akuarium sudah dilengkapi dengan sistem filtrasi. Tujuannya untuk menjaga kondisi dan kebersihan air tersebut. Maksimal kapasitas air yang perlu diganti ialah 70 persen dari total volume akuarium. Biarkan sisa 30 persen air lama tetap berada di akuarium supaya ikan koki lebih mudah dalam menyesuaikan diri nantinya.
  5. Lakukan pengecekan terhadap fungsi alat aerator, filter, dan water heater secara teratur. Anda harus memastikan alat-alat tersebut masih bekerja dengan baik sesuai semestinya. Pastikan juga tidak ada kebocoran listrik yang terjadi alasannya ialah mampu menimbulkan ikan koki kesetrum. Perlu diketahui, ikan mas koki ialah pola dari binatang hasil rekayasa genetik sehingga diharapkan peralatan yang memadai untuk membuatnya tetap hidup.
  6. Ikan mas koki mempunyai nafsu makan yang sangat tinggi. Bahkan boleh dibilang kalau ikan ini termasuk salah satu ikan air tawar yang mempunyai sifat rakus. Setiap pelet yang Anda berikan pasti akan dilahap habis oleh ikan ini. Namun Anda tetap harus menjaga porsi makannya supaya ikan koki tadi tidak menderita overweight yang mampu menyebabkannya cepat mati. Selain itu, terlalu banyak menunjukkan pakan juga akan memicu ikan untuk mengeluarkan banyak kotoran sehingga menimbulkan kondisi air menjadi tercemar.
  7. Ikan mas koki juga membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang. Ikan ini mudah sekali mengalami stres apabila ditempatkan di lingkungan yang gaduh. Apalagi kalau ikan sering dipegang atau airnya diaduk-aduk terus, maka dijamin ikan koki besoknya pasti mati. Kalau Anda benar-benar mau memelihara ikan mas koki, tempatkanlah ikan-ikan ini di posisi yang aman.
  8. Kebanyakan orang memelihara ikan mas koki dalam jumlah yang banyak sekaligus. Maksudnya baik semoga ikan koki peliharaan tetap mempunyai sahabat dan panorama akuarium pun tampak indah. Tetapi ikan-ikan koki ini pun kadang kala mampu saling bertengkar. Kalau pertengkaran ini terus berlanjut dan tidak berimbang risikonya ikan koki tersebut pun bakal mengalami stres sehingga gampang mati.

Komentar