Begini Tiga Ikan yang Banyak Mengandung Omega 3

Apakah ikan yang banyak mengandung omega 3? Ikan yaitu materi makanan yang memiliki kandungan protein, asam lemak omega 3, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Zat-zat ini sangat memiliki kegunaan bagi tubuh, terutama omega 3. Faktanya yaitu sistem metabolisme kita tidak bisa memproduksi asam lemak esensial ini. Asam lemak tak jenuh ganda (omega 3) sendiri terbentuk dari gabungan beberapa asam lemak meliputi ALA, EPA, dan DHA.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan apabila Anda rajin mengonsumsi omega 3 setiap hari. Di antaranya membantu perkembangan otak dan memori, mencegah penyakit jantung, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol, serta meredakan depresi. Ibu hamil dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan omega 3 biar bayi yang terlahir nanti sehat dan lebih cerdas. Sedangkan bagi anak-anak, omega 3 indah untuk mendukung perkembangan otaknya.

Apakah ikan yang banyak mengandung omega  Begini Tiga Ikan yang Banyak Mengandung Omega 3

Di bawah ini tiga jenis ikan yang paling banyak kandungan omega 3 di dalamnya!

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel mencakup semua ikan yang termasuk dalam anggota famili Scombridae. Makara ikan tenggiri dan ikan kembung pun dapat disebut sebagai ikan makarel. Sebagai ikan pelagis, makarel biasanya hidup di lautan lepas. Ikan ini tersebar mulai dari perairan tropis hingga ugahari. Bahkan ikan makarel sirip biru dapat bertahan hidup di perairan yang hambar alasannya yaitu bisa menaikkan suhu tubuhnya.

Ikan makarel mempunyai nilai ekonomis yang sedang, tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Ikan ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, lalu disajikan bersama saus cabai atau saus tomat. Beberapa pabrik pembuatan makanan kaleng juga kerap memanfaatkan ikan makarel untuk dibuat menjadi sarden. Ikan ini mengandung banyak omega 3 yang indah untuk kesehatan jantung.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon yaitu salah satu kelompok di dalam famili Salmonidae. Ikan ini tinggal di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Ikan salmon akan melaksanakan migrasi untuk berkembang biak. Ikan ini lahir di air tawar, lalu tumbuh besar di lautan, kemudian balik lagi ke perairan tawar untuk bereproduksi. Kebiasaan hidup ibarat ini kurang lebih sama ibarat ikan bandeng.

Karena merupakan produk impor, jangan heran kalau harga ikan salmon ini amat mahal. Ikan salmon biasanya digoreng, dipanggang, atau dikukus biar tekstur dagingnya terasa lebih lembut. Bahkan beberapa orang pun suka menikmati daging ikan salmon mentah. Tahukah Anda, di dalam 3 ons daging ikan salmon tersimpan omega 3 yang berkisar antara 700-1800 mg.

  1. Ikan Tuna

Ikan tuna terdiri dari beberapa spesies yang tergolong famili Skombridae di genus Thunnus. Sehingga ikan tongkol dan ikan cakalang masih memiliki relasi yang erat dengan ikan ini. Ikan tuna merupakan salah satu perenang paling handal alasannya yaitu kecepatannya bisa mencapai 77 km/jam. Ada pula beberapa spesies tuna yang bisa menaikkan suhu tubuhnya sehingga bisa tinggal di perairan yang lebih dingin.

Daging ikan tuna mempunyai warna antara merah muda hingga merah tua. Penyebabnya yaitu banyaknya kandungan mioglobin di dalam daging tersebut. Paling enak, ikan tuna dimasak melalui proses penggorengan atau pemanggangan. Jika dibandingkan dengan ikan salmon dan ikan makarel, kandungan omega 3 pada ikan tuna jauh lebih banyak.

Komentar