Begini Tips Memindahkan Ikan dari Plastik ke Akuarium

Anda tidak boleh sembarangan dalam memindahkan ikan dari plastik ke akuarium. Pasalnya hal ini besar lengan berkuasa besar terhadap keberhasilan proses penyesuaian yang dilakukan oleh ikan tersebut terhadap lingkungan barunya. Ikan yang gagal menyesuaikan diri akan menjadi stres sampai karenanya mati. Sudah menjadi peran wajib Anda sebagai pemilik untuk membantu ikan-ikan yang gres dibeli supaya lebih gampang beradaptasi.

Sebenarnya tidak susah-susah amat kok untuk mengadaptasikan ikan di akuarium barunya. Kunci utamanya ialah Anda harus telaten dan sabar. Ikan butuh waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri alasannya ialah mereka termasuk binatang berdarah dingin. Secara perlahan-lahan, Anda mampu mengondisikan air di plastik menyerupai di akuarium. Kemudian setelah kondisi air di kedua kawasan ini hampir sama silakan pindahkan ikannya.

Anda tidak boleh sembarangan dalam memindahkan ikan dari plastik ke akuarium Begini Tips Memindahkan Ikan dari Plastik ke Akuarium

Di bawah panduan langkah-langkah selengkapnya yang mampu Anda coba!

  1. Pastikan kondisi akuarium sudah layak digunakan sebagai kawasan tinggal ikan. Anda tidak boleh menggunakan akuarium yang gres dibuat eksklusif dipakai memelihara ikan alasannya ialah masih tercemar materi kimia dari lem. Akuarium tersebut harus dicuci dan dijemur terlebih dahulu minimal sebanyak 3 kali secara berulang-ulang. Selain itu, akuarium juga perlu dilengkapi dengan alat bantu menyerupai aerator dan filtrasi. Kalau perlu, Anda mampu menambahkan water heater untuk mendukung ikan yang susah beradaptasi.
  2. Ikan yang gres Anda terima mampu diletakkan terlebih dahulu bersama kantung plastiknya di ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Setengah jam kemudian taruh plastik berisi ikan ini ke akuarium. Biarkan plastik tersebut tetap terendam selama 1-2 jam tergantung jarak perjalanan dari lokasi asalnya. Selama masa adaptasi, kondisi ruangan harus tetap tenang.
  3. Langkah berikutnya coba masukkan air dari akuarium ke kantung plastik sampai tinggi permukaan airnya bertambah 5 cm. Lalu biarkan selama 5-10 menit untuk membiarkan ikan menyesuaikan diri. Kemudian tambah lagi air dari akuarium ke plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Begitu seterusnya dilakukan berulang-ulang sampai volume air asal sama dengan air yang ditambahkan dari akuarium.
  4. Cobalah periksa suhu air di yang ada di dalam plastik. Lalu cek juga suhu air di akuarium. Kalau selisih suhu air keduanya kurang dari 1 derajat celsius, Anda mampu mulai merilis ikan tersebut. Bukalah tali pengikat plastik, kemudian miringkan posisi plastik tersebut. Biarkan ikan berenang sendiri ke akuarium yang menjadi kawasan tinggal barunya.
  5. Ikan yang gres dipindahkan tidak boleh diberikan pakan setidaknya dalam 24 jam ke depan. Untuk menerima hasil yang terbaik, Anda mampu menyesuaikannya dengan ukuran ikan tersebut. Ikan yang memiliki panjang badan sekitar 15-20 cm harus dipuasakan selama 1-2 hari, ikan yang berukuran 25-30 cm wajib berpuasa selama 2-3 hari, serta ikan yang ukurannya lebih dari 30 cm sebaiknya dibiarkan berpuasa selama lebih dari 3 hari. Tujuan dari dilakukannya puasa ini ialah untuk menaikkan suhu badan ikan tersebut sehingga memudahkannya beradaptasi.

Komentar