Begini 3 Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan ikan oscar jantan dan betina? Ada banyak para penghobi yang memelihara ikan oscar di dalam akuarium. Ikan ini memiliki rupa yang begitu cantik serta gerak-gerik yang agresif. Dibandingkan dengan ikan-ikan air tawar yang lain, perawatan ikan ini juga cukup mudah dilaksanakan.

Tidak heran jikalau banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan ikan ini. Langkah pertama yang perlu dikerjakan yaitu memilih ikan oscar indukan, baik jantan maupun betina. Sayangnya cukup sulit untuk mengetahui jenis kelamin seekor ikan oscar. Di habitat alaminya, ikan ini akan menentukan sendiri-sendiri pasangan yang dianggapnya cocok.

Bagaimana cara membedakan ikan oscar jantan dan betina Begini 3 Cara Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba membedakan sendiri mana ikan oscar jantan serta mana pula ikan oscar betina. Berikut ini panduan yang mampu Anda jadikan sebagai aliran :

Cara I : Amati Fisiknya

Ikan oscar termasuk salah satu ikan yang bersifat monoforik. Artinya tidak ada perbedaan yang mencolok pada badan ikan jantan dan ikan betina. Kedua ikan tersebut mempunyai ukuran, bentuk, warna, dan kecenderungan yang sama persis. Meskipun demikian, Anda masih mampu menggunakan tanda-tanda umum dalam mengenali jenis kelamin ikan tersebut. Misalnya ikan jantan berbentuk memanjang, tetapi ikan betina bentuknya membulat. Ukuran sirip ikan jantan juga biasanya lebih panjang daripada ikan betina.

Cara II : Lihat Organ Kelaminnya

Ikan oscar jantan mempunyai organ kelamin yang berbeda dengan ikan oscar betina. Namun letak organ kelamin yang cukup tersembunyi membuatnya susah dilihat. Solusinya yakni Anda mampu memperlihatkan makanan dalam jumlah yang banyak kepada ikan yang bersangkutan terlebih dahulu. Pada kondisi yang kenyang, bab perut yang menggendut akan menekan organ kelamin sehingga lebih mudah diamati. Ikan jantan mempunyai organ kelamin yang berbentuk tabung sempit dan mengarah ke belakang. Sedangkan organ kelamin ikan betina berukuran lebih lebar dan mengarah ke depan.

Cara III : Perhatikan Kecenderungannya

Cobalah memasukkan beberapa ekor ikan oscar ke dalam sebuah akuarium. Cepat atau lambat, setiap ikan tersebut akan memilih pasangannya masing-masing. Anda mampu mengamati ikan-ikan oscar yang sudah mempunyai pasangan, lalu memindahkannya ke akuarium lain. Memasuki masa pemijahan umumnya postur badan ikan oscar betina akan semakin membulat dan gendut, terutama di bab perutnya.

Komentar