Begini Cara Efektif biar Kolam Ikan Tidak Berlumut

Bagaimana caranya supaya bak ikan tidak berlumut? Dengan memelihara ikan di bak seharusnya dapat membuat Anda merasa gembira. Tetapi bak juga bisa mengalami duduk perkara yang menjadikan kita berpikir keras hingga stres untuk mengatasinya. Salah satu duduk perkara yang sering menimpa bak ikan ialah tumbuhnya lumut di dalamnya.

Kolam akan dipenuhi oleh lumut apabila kondisinya mendukung bagi lumut tersebut untuk tumbuh di dalamnya. Mula-mula spora lumut akan diterbangkan oleh udara dan jatuh ke kolam. Banyaknya kandungan nitrat di dalam air yang berasal dari kotoran ikan menjadi makanan bagi lumut tadi. Pertumbuhan lumut akan semakin subur apabila ditunjang dengan pancaran sinar matahari yang memungkinkannya untuk berfotosintesis. Lama-kelamaan lumut pun akan bertambah semakin banyak.

Lumut yang menempel di dinding bak sebetulnya merupakan ganggang hijau yang memiliki serat. Ganggang atau juga disebut phytoplankton ini merupakan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil dengan diameter tidak lebih dari 15 milicorn. Syarat tumbuh bagi phytoplankton ialah air, sinar matahari, dan makanan. Pertumbuhan phytoplankton ini semakin pesat manakala suhu air rata-rata di atas 25 derajat celsius.

Bagaimana caranya supaya bak ikan tidak berlumut Begini Cara Efektif supaya Kolam Ikan Tidak Berlumut

Sebenarnya eksistensi lumut di kolam ikan tidak selalu berdampak negatif bagi ikan-ikan di dalamnya. Sebagian besar ikan terbiasa memakan lumut di habitat alaminya. Beberapa penghobi juga mengaku jikalau warna ikan-ikan hias miliknya menjadi lebih cerah setelah rutin mengonsumsi lumut ini. Namun tentu saja, lumut bisa menjadi sarang bibit bakteri dan penyakit yang dapat membahayakan ikan. Selain itu, adanya lumut tersebut juga membuat tampilan bak ikan tekesan jorok bagi sebagian orang.

Lantas bagaimana caranya supaya bak ikan tidak ditumbuhi oleh lumut?

Satu-satunya langkah yang paling efektif dan efisien untuk mencegah tumbuhnya lumut di bak ikan ialah memasang filter yang telah dilengkapi sinar ultraviolet. Kapasitas filter yang digunakan juga harus diubahsuaikan dengan ukuran bak ikan. Setidaknya filter tersebut bisa memproses 30-40 persen dari total air di dalam bak pada suatu waktu. Besarnya kapasitas filter ini tidak akan memungkinkan phytoplankton untuk tumbuh dan berkembang biak. Sedangkan sinar ultraviolet berkhasiat untuk membunuh bibit phytoplankton yang mungkin sudah terjatuh ke air kolam.

Penggunaan filter dengan fitur sinar UV ini sangat disarankan untuk menjaga keindahan kolam, khususnya dalam dua ahad pertama setiap kali diisi air yang baru. Filter ini bisa menjaga kejernihan air di dalam kolam. Fitur sinar UV yang melengkapinya juga akan mengikat lumut dan membentuknya menjadi gumpalan-gumpalan yang gampang disaring. Hasilnya filter jenis ini pun lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Komentar