Begini Cara Memancing Ikan Sepat dan Umpannya

Bagaimana cara memancing ikan sepat? Apa pula macam-macam umpan yang cocok digunakan untuk memancing ikan ini? Ikan sepat merupakan ikan air tawar yang masih berkerabat bersahabat dengan ikan gurame. Ikan ini mempunyai verbal yang berukuran cukup kecil sehingga dibutuhkan trik tersendiri untuk memancingnya.

Di habitat alaminya, ikan sepat biasanya hidup secara bergerombol. Ikan sepat sangat menyukai perairan yang kondisinya hening dan tidak berarus kuat. Kaprikornus jika Anda ingin memancing ikan ini, pilihlah spot di pinggir sungai atau di tengah kubangan. Ikan sepat juga banyak ditemukan di tempat perairan yang dipenuhi oleh tanaman air ibarat kangkung, eceng gondok, dan lain-lain. Hindari memancing di waduk, khususnya di area susukan air masuk dan susukan air keluar.

macam umpan yang cocok digunakan untuk memancing ikan ini Begini Cara Memancing Ikan Sepat dan Umpannya

Sebenarnya tidak susah-susah amat kok untuk menentukan spot yang paling ideal ketika hendak memancing ikan sepat. Ini disebabkan karena ikan sepat mempunyai kebiasaan untuk mengambil oksigen secara pribadi di udara secara berkala. Hal tersebut tentu akan memudahkan Anda dalam menentukan layak tidaknya suatu spot dijadikan sebagai tempat pemancing. Biasanya akan timbul gelembung-gelembung udara di spot yang dipenuhi oleh ikan sepat.

Ada cukup banyak umpan yang dapat menarik perhatian ikan sepat. Mulai dari umpan yang paling umum ibarat cacing tanah dan ramuan pelet hingga dengan kroto serta udang air tawar. Umpan-umpan tersebut sangat efektif dalam menarik hati ikan untuk segera memangsanya. Anda mampu mendapatkannya di toko-toko pemancingan terdekat atau pun pasar tradisional.

Joran

Selain untuk menerima ikan, beberapa pemancing mengaku memancing hanya untuk sekadar mencicipi sensasi strike dari suatu ikan yang diburu. Biar Anda mampu mencicipi bagaimana sensasi strike yang ditimbulkan oleh ikan sepat sebaiknya gunakanlah joran yang berukuran cukup kecil ibarat joran kelas super light tackle mengingat postur ikan ini pun sangat mungil. Disarankan pakailah joran yang berjenis joran tegek mini (mini pole rod) sepanjang 2 meter. Pilihlah joran yang terbuat dari fiberglass karena lebih lentur sehingga kita mampu mencicipi sensasi tarikan ikan sepat lebih kuat.

Tali

Begitu pula dengan jenis line yang dipakai untuk memancing ikan sepat, gunakanlah line yang ukurannya tidak terlalu tebal. Kami biasanya menggunakan line yang berukuran maksimal 0,13 mm untuk memancing ikan-ikan air tawar yang berpostur mini. Selain dapat bergerak lebih luwes di air, ukuran line yang kecil juga akan memudahkan Anda dalam mencicipi hentakan yang terjadi ketika ikan sepat melahap umpan.

Pelampung

Pelampung akan menjaga posisi umpan semoga lebih stabil di suatu titik di spot yang telah ditentukan. Anda pun dapat mendeteksi apakah umpan sudah dimakan ikan sepat atau belum dengan memperhatikan pelampung tersebut. Jika pelampung bergerak-gerak tak beraturan artinya ikan sepat sedang berusaha untuk memangsa umpan. Sedangkan ketika pelampung tersebut sudah bergerak turun dari permukaan air, maka ikan sepat sedang menggondol umpan. Anda mampu mengangkat joran ketika pelampung telah bergerak jauh ke dalam air dan tarikan ikan pun terasa cukup berat.

Komentar