Begini Cara Memelihara Ikan Discus yang Baik dan Benar

Bagaimana cara memelihara ikan discus? Bentuk-bentuk pemeliharaan yang harus dilakukan pada ikan discus pada dasarnya sama ibarat ikan hias air tawar lainnya. Namun mengingat harga ikan ini terbilang mahal, tidak ada salahnya Anda memperlihatkan perhatian yang lebih banyak. Jika dipelihara dengan baik dan benar, ikan discus akan mempunyai warna dan corak yang sangat indah.

Tahukah Anda, ada aneka macam jenis ikan discus yang dijual di pasar berdasarkan warnanya. Apalagi maraknya perkawinan silang telah menghasilkan ragam ikan discus yang semakin banyak. Bahkan beberapa waktu belakangan ini telah ditemukan ikan discus yang berwarna hijau lho. Tentu saja ini merupakan sebuah kabar besar hati khususnya bagi Anda yang hobi mengoleksi ikan discus.

bentuk pemeliharaan yang harus dilakukan pada ikan discus pada dasarnya sama ibarat  Begini Cara Memelihara Ikan Discus yang Baik dan Benar

Ikan discus terbilang mudah dirawat kok. Agar ikan peliharaan Anda dapat tumbuh dengan baik, silakan ikuti kiat-kiat di bawah ini :

AKUARIUM

Ikan discus umumnya dipelihara di akuarium biar dapat dinikmati keindahan tubuhnya dari sisi samping. Akuarium yang digunakan harus memenuhi standar serta dilengkapi dengan peralatan pendukung ibarat filtrasi, aerator, water heater, dan termometer. Perlu diketahui, ikan discus secara alami hidup di lingkungan perairan yang suhunya cenderung hangat.

AIR

Perhatikan kondisi air di dalam akuarium. Lakukan pengecekan secara terpola untuk memastikan air mempunyai kualitas yang stabil, terutama suhunya. Penggantian air setiap seminggu sekali mampu dilakukan pada masa awal pemeliharaan sebanyak 50 persen dari total volume akuarium. Apabila alat filtrasi sudah bekerja dengan baik, pengurasan air dan pertolongan garam mampu dihentikan.

PAKAN

Pakan yang digunakan untuk ikan discus sebaiknya memiliki ukuran yang halus. Jika sudah cukup akrab, Anda mampu melatih ikan tersebut untuk mengambil makanan eksklusif dari tangan kita. Lakukan latihan ini secara perlahan-lahan dan jangan melaksanakan gerakan yang mendadak sebab dapat menjadikan ikan discus merasa kaget. Apabila sudah berhasil, kami mampu menjamin ikan discus peliharaan Anda akan senantiasa merasa nyaman tinggal di akuarium dan terhindar dari stres.

IKAN

Pemeliharaan ikan discus juga hendaknya dilakukan secara massal. Ikan yang dirawat sendirian akan mudah merasa stres. Mengingat harganya yang cukup mahal, Anda mampu mencampurkan ikan discus dengan ikan hias lainnya yang memiliki perangai jinak dan bukan predator. Kuncinya yakni pelihara ikan discus terlebih dahulu, kemudian gres tambahkan ikan-ikan lain untuk menemaninya.

Komentar