Begini Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Bagaimana cara memilih ikan cupang aduan yang bagus? Tahukah Anda, ikan cupang merupakan ikan air tawar yang tergolong dalam famili Osphronemidae di genus Betta. Konon ikan ini berasal dari tempat Asia Tenggara. Ikan cupang terkenal akan bentuk dan karakteristik tubuhnya yang unik.

Ikan cupang mempunyai daya bertahan hidup yang sangat bagus. Ikan ini masih mampu hidup dengan baik meskipun ditempatkan di wadah yang berisi sedikit air. Pemeliharaan ikan ini pun tidak perlu dilengkapi dengan aerator. Ikan cupang juga mempunyai sifat yang bergairah dalam mempertahankan wilayahnya. Oleh alasannya yaitu itu, selain dijadikan sebagai ikan hias, ada banyak pula penghobi ikan cupang aduan.

Bagaimana cara memilih ikan cupang aduan yang indah Begini Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Harga ikan cupang aduan yang indah mampu mencapai ratusan sampai jutaan rupiah. Makara proses pemilihannya pun harus dilakukan dengan baik-baik semoga tidak tertipu oleh penjual yang nakal. Biar tidak keliru, perhatikan kiat-kiat di bawah ini!

  1. Perihal Nomor Seri

Pada ketika Anda berniat untuk membeli seekor ikan cupang, jangan pernah sekali pun menanyakan nomor serinya kepada si penjual. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan nomor seri tersebut telah dipalsukan sehingga membuat harga ikan cupang semakin meroket. Pedagang yang tidak jujur cenderung akan menyebutkan nomor seri yang sedang terkenal meskipun ikan pilihan Anda tidak berasal dari nomor seri tersebut.

  1. Cermati Nomor Seri

Setiap stoples yang menjadi wadah pemeliharaan ikan cupang aduan selalu dilengkapi dengan nomor seri. Perhatikan nomor seri ikan tersebut dengan seksama. Apabila karakteristik ikan cupang di dalam stoples tidak sesuai dengan nomor serinya, maka ikan tersebut sudah dipalsukan. Segera tinggalkan penjual tersebut.

  1. Tulang Sirip Ekor

Anda perlu mengamati guratan yang terdapat pada tulang sirip ekor ikan cupang. Jika kondisi guratan tersebut sudah tidak lurus atau warnanya berbeda dari biasanya, berarti ikan cupang ini pernah diadu sebelumnya. Dalam dunia ikan cupang aduan, ikan yang pernah diadu disebut dengan istilah ikan seken.

  1. Sisik Pangkal Ekor

Kalau bisa, periksa pula bab sisik yang ada di sekitar pangkal ekor ikan cupang. Jika susunan sisik pada pangkal siripnya tidak rapat, kemungkinan besar sisik tersebut gres saja tumbuh. Artinya ikan cupang tersebut juga tergolong sebagai ikan seken.

  1. Guratan Sisik di Kepala

Faktor penting selanjutnya, Anda juga perlu meneliti keadaan kepala ikan cupang aduan yang dipilih. Anda mampu mengetahui usia seekor ikan cupang lewat guratan-guratan yang terdapat di bab kepalanya. Ikan cupang yang telah berumur lebih dari 8 bulan mempunyai beberapa guratan sisik yang timbul di bab kepala ikan cupang tersebut.

  1. Gigi yang Tajam

Ikan cupang aduan yang indah wajib dilengkapi dengan gigi yang tajam. Anda mampu mengeceknya dengan memperhatikan ring bibir ikan tersebut dari sudut atas stoples. Cupang yang mempunyai gigi tajam memiliki bintik-bintik kecil berwarna hitam di bibir bab bawah sebelah dalamnya.

  1. Sisik yang Kuat

Ikan cupang aduan juga harus diselimuti oleh sisik yang kuat. Hal ini ditandai dengan susunan sisik tadi yang merata di seluruh permukaan ikan cupang. Sisik ikan yang berpengaruh pun biasanya memiliki warna yang lebih cerah.

Komentar