Begini Cara Merawat Ikan Lemon dengan Mudah

Bagaimana cara merawat ikan lemon? Ikan lemon (Neolamprologus leleupi) ialah ikan air tawar yang kerap dijadikan sebagai ikan hias alasannya kemolekan tubuhnya. Ikan ini mempunyai badan yang berwarna kuning cerah layaknya buah lemon yang matang. Gerak-geriknya pun sangat bergairah sehingga cocok sekali menghiasi akuarium milik Anda.

Ikan lemon pada dasarnya mudah dipelihara. Ini dikarenakan ikan lemon memiliki sifat yang sangat rakus. Ikan ini mau memakan aneka macam jenis pakan yang diberikan kepadanya. Sayangnya sifat ini pula yang menyebabkan ikan lemon tidak cocok disatukan dengan ikan yang memiliki pergerakan lambat menyerupai ikan black ghost.

Jenis kelamin seekor ikan lemon sangat mudah dikenali. Kami jamin Anda bahkan bisa pribadi menentukan apakah ikan tersebut berjenis kelamin jantan atau betina dengan hanya sekali melihat saja. Rata-rata ikan lemon jantan mempunyai postur yang lebih besar daripada ikan betina. Ikan jantan juga memiliki sirip punggung dan sirip perut yang berwarna hitam. Sedangkan warna sirip punggung dan sirip perut ikan lemon betina yaitu kuning cerah menyerupai warna tubuhnya.

 ialah ikan air tawar yang kerap dijadikan sebagai ikan hias alasannya kemolekan tubuhnya Begini Cara Merawat Ikan Lemon dengan Mudah

Di bawah ini faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk merawat ikan lemon di akuarium :

  1. Akuarium harus dilengkapi dengan tempat persembunyian alasannya ikan lemon memiliki sifat dasar yaitu pemalu. Anda bisa menggunakan pipa paralon bekas sebagi tempat persembunyian ikan tersebut.
  2. Lengkapi akuarium dengan alat filtrasi dan sistem aerator untuk menjaga kualitas airnya. Pada dasarnya, ikan lemon membutuhkan oksigen terlarut di dalam air dalam kapasitas yang banyak.
  3. Ikan lemon mempunyai sifat teritorial atau memiliki tempat kekuasaan yang akan dijaganya hingga mati. Jadi, hindarilah memasukkan ikan lemon jantan dalam jumlah yang terlalu banyak.
  4. Ikan lemon bisa diberikan pakan berupa cacing sutera. Pakan alami ini bisa menjaga tingkat kecerahan warna pada badan ikan tersebut.
  5. Jagalah kondisi di dalam akuarium tetap bersih. Caranya Anda bisa mengganti setengah air di dalamnya setiap 10-14 hari sekali.
  6. Ikan betina yang telah memijah akan menyimpan telur-telur di mulutnya. Pisahkan ikan betina tersebut di akuarium khusus semoga ia bisa meletakkan telur-telurnya dengan aman.

Oke, selamat memelihara ikan lemon!

Komentar