Begini Mengatasi Ekor Ikan Cupang Rusak dengan Daun Ketapang

Bagaimana cara mengatasi ekor ikan cupang yang rusak? Ikan cupang tidak hanya biasa dipelihara sebagai ikan hias, tetapi juga kerap dibuat menjadi ikan aduan. Sebenarnya hobi mengadu ikan cupang ini sangat tidak baik karena dosanya sama menyerupai mengadu binatang-binatang yang lain. Daripada mengadu ikan-ikan yang tidak tahu apa-apa, kenapa Anda tidak mengadu diri sendiri dengan orang lain saja di dalam ring? Jauh lebih sehat, dan kalau menang akan menerima hadiah yang besar.

Sebagai ikan air tawar, ikan cupang termasuk salah satu ikan yang paling cantik berkat sirip-sirip berukuran lebar yang dimilikinya. Bukan hanya itu, ikan cupang juga mempunyai warna-warni yang cantik sekali pada tubuhnya. Sayangnya ikan cupang mempunyai sifat arogansi yang sangat besar. Ikan ini mudah sekali menyerang ikan-ikan lain yang mencoba memasuki wilayah kekuasaannya. Bagi penghobi pemula yang tidak tahu akan sifat ini, Anda mungkin sudah terlanjur memasukkan beberapa ikan cupang di dalam sebuah akuarium. Akibatnya ekor-ekor ikan tersebut pun mengalami kerusakan yang cukup parah setelah bertarung.

Anda bisa menggunakan daun ketapang sebagai obat alami untuk menyembuhkan ekor ikan cupang aduan yang sudah rusak. Namun tentu saja alhasil tidak bisa terlihat secara instan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama semoga sel-sel yang menyusun ekor tersebut dapat tumbuh kembali menyerupai sedia kala. Anda harus tabah dan telaten menawarkan terapi pengobatan ini secara berkala.

Khasiat dan manfaat daun ketapang bagi ikan cupang antara lain :

  1. Kandungan zat antibiotik di dalam daun ketapang dapat mengendalikan pertumbuhan jamur dan benalu yang terdapat pada badan ikan cupang.
  2. Daun ketapang mempunyai kemampuan untuk menjaga kestabilan tingkat keasaman (pH) air. Ikan cupang yang tinggal di air yang pH-nya stabil tentu merasa lebih nyaman.
  3. Pertumbuhan sel-sel yang menyusun ekor ikan cupang akan lebih cepat karena menerima rangsangan dari zat-zat yang terdapat di dalam daun ketapang.

Bagaimana cara mengatasi ekor ikan cupang yang rusak Begini Mengatasi Ekor Ikan Cupang Rusak dengan Daun Ketapang

Anda yang ingin menggunakan daun ketapang sebagai terapi pengobatan untuk ikan cupang bisa mencoba langkah-langkah sebagai berikut :

Alat dan materi :

  • Daun ketapang
  • Akuarium
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Siapkan daun ketapang yang kondisinya sudah kering secara sempurna. Lebih bagus lagi apabila daun ketapang tersebut mengering semenjak dari pohonnya, lalu jatuh sendiri. Namun bila tidak ada, Anda bisa menjemur daun ketapang yang masih segar di bawah sinar matahari pribadi selama 3-5 hari.
  2. Cucilah daun ketapang tersebut di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan bubuk atau kotoran yang menempel di permukaannya.
  3. Gantilah air di dalam akuarium secara menyeluruh. Kemudian masukkan daun ketapang yang sudah bersih ke dalam akuarium tadi. Tunggu selama beberapa ketika hingga air berubah warna menjadi kecokelat-cokelatan. Semakin cokelat warna air ini maka semakin bagus pula untuk mengobati ikan cupang, alasannya yakni zat-zat dari daun ketapang yang terlarut di dalamnya akan semakin banyak.
  4. Masukkan ikan cupang yang akan diberikan terapi pengobatan pada akuarium tersebut. Perhatikan gerak-geriknya. Ikan cupang biasanya akan tampak berenang lebih gesit ketika dimasukkan di dalam air yang sudah dicampur dengan daun ketapang. Namun bila Anda melihat kalau ikan cupang menjadi lemas, segera keluarkan ikan tadi dan ganti air dengan kandungan daun ketapang yang lebih sedikit.
  5. Selama proses pengobatan berlangsung, air di akuarium wajib diganti setiap 4-5 hari sekali. Terapi dapat terus dilakukan manakala sel-sel pada ekor ikan cupang sudah mulai tumbuh yang ditandai dengan munculnya rambut-rambut halus hingga kondisi ekornya menyerupai semula.

Komentar